Mengapa Disebut Sweet Seventeen

8 Sep 2013

b32cbc408122a06fbf6d4e3fd2ea5f2a_happy-sweet-17

Kebetulah hari ini saya menghadiri pesta ulang tahun teman sekelas saya. Sekarang dia sudah berusia tujuh belas tahun, dan baru kali ini diadakan pesta besar-besaran di hari ulang tahunnya. Tidak hanya dia, beberapa teman saya yang lain juga melakukan hal yang sama. Mengadakan pesta hanya pada ulang tahun ke tuuh belas saja.
Setiap teman-teman lain mengucapkan selamat, mereka selalu mengatakan Happy Sweet Seventeen ya. Di hari ulang tahunnya juga terdapat banner Happy Sweet Seventeen. Saya sampai usia hampir delapan belas tahun ini masih bingung kenapa ulang tahun ke tujuh belas dikatakan sweet seventeen? Kenapa tidak ada yang mengatakan sweet eleven, sweet fourteen, sweet fifteen dan menambahkan kata-kata sweet di setiap hari ulang tahunnya yang lain.
Apakah ulang tahun ketujuh belas itu begitu istimewa? Menurut saya, hal itu wajar saja bagi kita yang tinggal di Indonesia. Karena di usia tujuh belas tahun inilah kita pertama kali mendapatkan hal-hal yang istimewa. Di usia ini pula kita seperti diberi kepercayaan untuk mulai mengatur hidup kita sendiri. Usia tujuh belas dianggap gerbang usia dewasa, meskipun di luar negeri usia 16 dianggap awal usia dewasa.
Banyak hal baru yang istimewa yang kita dapatkan. Misalnya di usia ini kita sudah mendapatkan Kartu Tanda Penduduk, jadi kita sudah terdaftar sebagai warga negara secara hukum. Selain itu, kita juga sudah bisa mendapatkan Surat Izin Mengemudi, berarti kita tidak perlu takut lagi jika polisi lalu lintas meminta kita untuk menunjukkan keterangan kebolehan kita untuk mengemudi sendiri. Di usia tujuh belas tahun juga kita mendapatkan hak istimewa untuk memilih wakil rakyat dan tentunya presiden yang akan memimpin kita.
Hal yang paling ditunggu-tunggu di usia ini adalah, biasanya orang tua sudah menganggap anaknya yang berusia tujuh belas tahun berarti sudha bisa berfikir mengenai perbedaan baik dan buruk serta tindakan yang harus dan tidak harus dilakukan. Sehingga pada saat usia sang anak sudah menginjak usia tujuh belas tahun, mereka akan diberi sedikit kebebasan untuk bergaul dengan teman laki-lakinya yang dianggap spesial.
Mungkin karena itulah, dikatakan Sweet 17. Karena di usia ini, seakan-akan hal-hal manis yang didambakan akhirnya tercapai, dan tentunya sudah ada kepercayaan diri yang kuat.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post